Sejarah Paper Quilling


Seni menggulung kertas telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dengan nama paper filigree atau roll work. Pada saat itu, khususnya di Perancis dan Italia, seni ini banyak digunakan oleh biarawan untuk menghiasi ornamen² yang sifatnya religius.

Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. Putri tsb rajin memberi hadiah kepada teman²nya berupa benda² yang telah diberi hiasan paper filigree. Hadiah pemberiannya yang paling terkenal, yaitu kotak perhiasan.

Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika. Penggunaannya tidak lagi terbatas pada ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.

Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling.  Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.

sumber : bunnycberry.multiply.com

3 Komentar (+add yours?)

  1. ribka pujianti
    Sep 19, 2011 @ 19:11:05

    Saya mempunyai usaha yg bergerak dalam bidang paper quilling ini. Saya menyediakan kertas-kertas sebagai bahan utama dalam berbagai macam warna mulai dari ukuran 3 milimeter, 6 milimeter, dan 1 centimeter. Silakan kontak saya melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut : ribka_pujianti@yahoo.co.id. thanks!

    Balas

  2. vida saverina
    Feb 03, 2012 @ 06:53:30

    mau tanya alamat quiling paper ini di mana???

    Balas

  3. crys
    Apr 05, 2012 @ 11:23:07

    Lokasi kursusnya dimana ya,
    trus kalo beli bahan2nya di surabaya dimana /
    Thanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

%d blogger menyukai ini: